blog adalah gudang ilmu membaca adalah kuncinya

Kamis, 05 Agustus 2010

Jelajah alam Gunung Api Purba

Mungkin memang agak asing nama tempat yang satu ini, wajar karena publik khususnya di jogja belum begitu banyak yang tahu lokasi wisata alam Gunung Api Purba. Berawal dari info temenku yang kuliah di UIN SUKA, dia baca semacam pamflet tentang acara jelajah alam. Menimbang konsep acara yang dekat dengan alam ahirnya kami berdua segera mendaftar di Dinas Pariwisata Jogja selaku panitia yang terlibat. Malam menjelang kegiatan karena mata susah terpejam Play Station menjadi incaran kami untuk merangsang mata agar cepat mengantuk, hingga selesai jam 3 lalu kami bergegas tidur untuk menyiampkan energi.

Pemandangan Hamparan Hijau
Keesokan harinya kami harus bangun pagi untuk bergegas mengikuti kegiatan yang bakal dimulai pukul 08.00. Setelah melewati sebuah perbukitan Patuk kemudian pada pos polisi kami mengambil arah belok kanan tibalah kami bertiga saya, Fuad, dan Farid di lokasi jelajah alam tersebut. Lokasi Gunung Api Purba ini terletak di dusun Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul.

Campursari Ala Gunung Kidul
Perjalananpun dumulai setelah acara dibuka oleh Bupati terpilih Kab. Gunung Kidul. Setelah menaiki jalan dengan topografi yang miring dan menanjak kelelahan kami kembali terobati dengan alunan harmoni setempat yang dimainkan oleh satu orang penyanyi dan  satu orang pemain kecapi. Hamparan sawah yang hijau dengan tatanan bertingkat kembali merefresh pikiran yang penat selama di kota.

                                                                     
Pecel Campur Tiwul
Ditengah perjalanan karena memang belum sempat menelan makanan apapun, perut kami merasa keroncongan. Kebetulan warga sekitar sangat antusias dengan acara tersebut dengan berjualan produk hasil pribumi. Hasilnya yah sebuah kombinasi makanan yang jarang kita temui di kota tentunya, rasanya sangat mak nyussss dan delicious hehehehe, dengan Rp. 6000,- anda sudah dapat menikmati makanan langka ini. Setelah perut terganjal kami melanjutkan perjalanan dengan mengeluarkan ekspresi lelucon sebagai wujud kegembiraan waktu itu.

                          
Panjat Tebing

Karena memang asli kita dari Banjarnegara, kita tetap teguh melestarikan bahasa kami dimanapun sampai ahirnya menjadi perhatian orang-orang.Salah satunya adalah personil Dinas Pariwisata Gunung Kidul selaku panitian acara tersebut. Beliau sedikit tanya kemudian malah berbalik kami yang banyak tanya terkait potensi wisata di Gunung Kidul. Dalam perjalanan kami banyak berbagi dan belajar tentang pengetahuan pariwisata dan potensinya. hari itu kami sungguh puas, tidak hanya merefresh otak dan pikiran namun juga menambah pengetahuan kami tentang seluk-beluk kepariwisataan. 

Gunung Api Purba
Buat yang udah baca tulisan ini, gak ada salahnya mencoba potensi wisata yang satu ini deh pokoknya dijamin amazing....

1 komentar: