blog adalah gudang ilmu membaca adalah kuncinya

Kamis, 12 Agustus 2010

Tips andalan bulan Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan …. akhirnya bulan yang penuh berkah telah tiba. Kenapa, karena selain melaksanakan ibadah puasa, biasanya mereka umat muslim berlomba-lomba berburu pahala di bulan ini. Ternyata nggak cuma prestasi ibadah saja nih sob yang harus dikejar, tapi kita juga bakalan buktiin prestasi kita terhadap ujian dari Alloh SWT. Seberapa jauh sih tingkat keimanan kita kepada-Nya, seberapa sabar, seberapa ikhlas, n masih banyak lagi seberapa-seberapa yang lainnya. Tentunya kita nggak bakal nyia-nyiain kesempatan ini kan, karena ternyata pahalanya bakal dilipat gandain nih sob. Wah tentunya, namanya aja bulan penuh berkah.
Dalam memasuki bulan Ramadhan biasanya banyak hal dari pola hidup kita sampai pola-pola yang lain berubah drastis dibanding dengan 11 bulan sebelumnya. Yang tadinya sholatnya bolong-bolong jadi tambah rapat, yang gak pernah ngaji jadi rajin ngaji, yang tadinya bangunnya siang terus sekarang bangunnya pagi-pagi banget, wah hebat…, yang tadinya gak pernah puasa jadi rajin puasa hehehehehehe…… pisss!!!!. Tapi yang jelas akan ada banyak perubahan aktivitas selama bulan Ramadhan. Mangkanya mari berbagi inspirasi biar Ramadhan kita lebih maksimal dan bermakna. Ada beberapa poin yang mau saya sharekan sama temen-temen, diantaranya.
1.Pola makan
sayur ame buah
Pola makan di bulan puasa sangat perlu diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh dengan aktivitas. Beberapa hala yang perlu diperhatikan terkait pola makan adalah jenis, jumlah, dan jam.

Jenis
Pilihlah menu makanan yang seimbang dengan memperhatikan kadar gizi, terutama yang mengandung sayuran dan buah-buahan atau yang sering digembar-gemborkan ahli kesehatan mengandung 4 sehat 5 sempurna. Buat mereka yang perantauan (mahasiswa) mungkin susah ya setiap saat harus nyediain makanan yang lengkap gini karena mungkin tersendat masalah finansial, tapi biar intensitasnya dikit menu tersebut harus diusahakan walau hanya sesekali. Lebih baik lagi kalau berkali-kali hehehe… Makanya tuh bikinlah program dalam satu minggu kapan harus makan makanan yang mengandung gizi, nggak cuma makanan instan melulu…
Jumlah
Jangan jadiin puasa sebagai ajang pelampiasan, apalagi waktu buka puasa. Mentang-mentang habis kelaparan satu meja makan mau dihabisin sekaligus, wah slow down bro… yuk awali buka puasa dengan yang manis, karena kandungan glukosa akan mengembalikan tenaga kita yang hilang seharian. Tapi nggak tahu deh kalo cewe’ manis bias nggak tuh hehehe. Biarkan beberapa menit perut mencerna, kemudian baru tuh disambung ame makanan yang berat. Jangan kelewatan, bias-bisa waktu tarawih malah tidur di Masjid karena kekenyangan. Secukupnya aja, bias di lanjut habis tarawih kok. Banyakin minum air putih, karena saat puasa air dalam tubuh kita banyak terkuras jadi jangan sampai dehidrasi yak. Jumlah yang dibutuhin 7 nyampe 8 gelas sehari.
Jam
Jelas aja lagi puasa jam makannya waktu gak ada matahari terbit ya. Tapi yang jelas waktu makan kita juga harus teratur. Usahakan jangan makan makanan yang berat menjelang tidur, bisa jadi waktu sahur nafsu makan kita sudah hilang duluan, padahal saantap sahur sangat penting sebelum menjalankan ibadah puasa. Banyaklah minum air putih ketika buka, menjelang tidur, dan ketika sahur agar kesegaran tubuh tetap terjaga, selain itu walaupun aktivitas padat waktu puasa performa kita tetap segar dan bugar.

2. Istirahat
buci
Buat anak kos yang sering begadang mungkin bisa dirubah pola tidurnya, nggak mau kan bangun sahur kesiangan bahkan buruknya sampai nggak santap sahur sama sekali, akhirnya gak puasa deh…. Wah3x alsan klasik yang gak asik. Istirahat disiang hari walau sebentar jika perlu bias dilakukan untuk mengobati kelelahan setelah bekerja atau beraktivitas. Nah satu lagi ni yang kadang buat andalan, “tidur di bulan puasa kan pahala” terus kalo seharian tidur mulu apa bedanya sama kucing, beruang de el el. Mending waktu luang banyak-banyakin baca buku atau Koran biar pengetahuan kita tambah banyak, lebih baik lagi baca Quran biar pahala kita dilipatgandain….

3. Olahraga
jogging sore
Biar bulan puasa aktivitas olahraga juga jangan ditinggalin. Walaupun intensnya dikurangi tapi harus tetep dilakukan biar kebugaran tubuh selalu terjaga. Saranku sih olahraga di sore hari, asumsinya kalo olahraganya pagi-pagi dah habis duluan tuh tenaga, bisa-bisa tengah hari dah pada buka duluan tuh…. Lakukan dengan berjalan kaki selama 10 menit, atau dengan jogging ringan.

4. Kesehatan
Kondisi tubuh ketika puasa biasanya tidak sebaik ketika hari-hari biasa, kondisi ini sangat rentan sekali terhadap kemungkinan terkena penyakit. Untuk itu bisa disiasati dengan mengkonsumsi vitamin atau antibiotik yang cukup. Ingat labih baik mencagah dari pada mengobati, sedia paying sebelum hujan.

5. Kebersihan
mulut bau pete
Biasanya kalo orang puasa tuh bau nafasnya kurang enak, memang sesuai dengan sabda Nabi Muhammad bahwa “nafasnya orang puasa lebih wangi di sisi Allah daripada bau kesturi” yang penting jangan disalah gunakan, sengaja waktu puasa mulutnya dibikin bau gak pernah sikat gigi hehehe. Coba gini kalo yang bau aja lebih baik daripada kesturi apalagi yang wangi waowwwww nggak kebayang deh. Mangkanya jangan lupa jaga kebersihan yakkk, yang penting tidak mengurangi amalan ibadah kita.

6. Lakukan kebaikan
Yuk lakukan hal positif sejak bangun tidur sampai menjelang tidur lagi, buat malaikat kewalahan mencatat amal baik kita hehehehe. Semoga aja bisa maksimal ya…

Mungkin itu dulu inspirasi yang bisa saya bagikan sama temen-temen, kalo punya inspirasi lain bisa diposting melalui komentar. Selamat menunaikan ibadah puasa, selamat beraktivitas, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan membuat Ramadhan kita lebih berbobot di hadapan Allah SWT. Amin Ya Robbal Alamin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar