blog adalah gudang ilmu membaca adalah kuncinya

Jumat, 31 Desember 2010

Happy New Year 2011

Beberapa orang sore ini sudah membuat janji, entah dengan sahabat-sahabatnya, dengan keluarga, ataupun bagi mereka yang masih remaja menyempatkan untuk berkencan dengan pasangan mereka masing-masing untuk menyambut pergantian tahun 2011. Ada yang hanya merayakannya dirumah, ada yang melakukan pendakian gunung, bermain ke pantai, pergi ke kota untuk bersentuhan dengan gemerlap lampu, ada juga yang melakukan touring, ngejam bareng, dan ada juga yang menjadi jamur sendrian di rumah.


Banyak cara yang dilakukan oleh orang di belahan dunia untuk merayakan pergantian tahun ini. Begitu juga saya, ada banyak ajakan yang datang namun memang harus saya seleksi terlebih dahulu plus minusnya. Karena bagi saya, malam pergantian tahun adalah sebuah moment yang nggak cuma buat ajang hura-hura saja, namun juga harus dijadikan sebagai tempat refleksi diri. Belajar dari kesalahan, kekurangan, dan kebaikan di masa lalu untuk membangun kesuksesan kehidupan di tahun berikutnya tentunya.

Satu hal lagi yang ada dalam benak saya adalah betapa berharganya waktu, semakin banyak waktu berlalu sudah berapa persenkah waktu yang saya maksimalkan dan berapa persenkah waktu yang saya sia-siakan sampai hari ini. Jika saya review ulang, banyak sekali waktu yang tidak saya maksimalkan ketika waktu itu sedang menjadi sebuah kesempatan yang mungkin hanya datang satu kali hingga sampai pada akhirnya menjelma kembali menjadi sebuah penyesalan.

Yah itulah, sepenggal refleksi di akhir tahun semoga dapat menjadi cambuk untuk memompa semangat kembali di tahun yang baru. Paling tidak sudah ada titik kesadaran disini dan mungkin tidak hanya menyadari tapi juga bagaimana kita bersikap untuk melakukan perubahan. Mungkin kita bisa tanyakan bagaimana berharganya waktu setahun pada siswa yang tinggal kelas, bagaimana berharganya waktu sebulan pada ibu yang melahirkan bayi prematur, bagaimana berharganya waktu seminggu pada penerbit majalah mingguan, bagaimana berharganya waktu sejam pada wanita yang sedang menunggu kekasihnya hehe, bagaimana berharganya semenit pada orang yang ketinggalan pesawat, bagaimana berharganya sedetik pada orang yang baru saja selamat dari kecelakaan, dan bagaimana berharganya waktu spersekiandetik pada juara lomba lari.

Tak usah panjang panjang nanti malah nggak jadi tahun baruan, yang penting selamat berbahagia menyambut hari esok yang lebih baik dan optimalkan waktu agar lebih berharga. Selamat Tahun Baru 2010...!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar